Senin 06 May 2019 11:08 WIB

Aman Palestin Kembali Buka 'Ramadhan Bersama Palestina'

Paket donasi sahur dan berbuka untuk rakyat Palestina secara online dan offline.

 Aman Palestin Kembali Buka 'Ramadhan Bersama Palestina'
Aman Palestin Kembali Buka 'Ramadhan Bersama Palestina'

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Aman Palestin Indonesia kembali  membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada rakyat Indonesia yang ingin menyumbang untuk Palestina pada bulan Ramadhan melalui program “Ramadhan Bersama Palestina”. Ketua Penasihat Yayasan Aman Palestin-Indonesia  Dr. KH. Miftah Faridl mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah membantu perjuangan rakyat Palestina dengan berdonasi melalui Yayasan Aman Palestin-Indonesia. Rakyat Palestina memang membutuhkan bantuan dari saudara seimannya di Indonesia, terlebih memasuki Ramadhan seperti sekarang ini.  Dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (6/5) disebutkan bahwa tujuan diadakannya “Ramadhan Bersama Palestina” oleh Yayasan Aman Palestin-Indonesia adalah untuk memberikan paket hidangan sahur, berbuka puasa, meng-imarah-kan masjid Al-Aqsa, serta santunan Idul Fitri untuk yatim, fakir, miskin, serta janda-janda kurang mampu di Palestina.

Tahun 2018, Aman Palestin melalui program “Ramadhan Bersama Palestina” berhasil mengumpulan donasi sebesar Rp.11.352.049.624,-. Donasi tersebut telah didistribusikan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2018 ke sejumlah wilayah. Antara lain ke Palestina (Jalur Gaza, Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Hebron) sebesar Rp.4.966.521.711 ,- Kemudian untuk Great Return March sebesar Rp.1.560.906.823,-, ke Lebanoon untuk 17 kemah pengungsian rakyat Suriah di sekitar Beqaa dan Aarsal sebesar Rp.1.419.006.203 ,- . Juga ke Suriah sebesar Rp.1.419.006.203 ,-, untuk Komunitas Palestina di Malaysia sebesar Rp. 567.602.481,- dan untuk As Saraa Foundation sebesar Rp.1.419.006.203,-

photo
Aman Palestin memberikan bingkisan

Tahun ini, Aman Palestin-Indonesia menargetkan sebesar 16 miliar rupiah. Untuk mencapai target tersebut, Aman Palestin-Indonesia menyiapkan beberapa program pendukung. Antara lain  penyebaran tabung (kencleng) Ramadhan, paket donasi sahur dan berbuka untuk Palestina, Safari Imam Muda Bumi Nusantara, serta Safari Imam Muda Bumi Syam.

Dikatakan Miftah Faridl, paket donasi sahur dan berbuka puasa untuk rakyat Palestina adalah program yang dibuat secara online dan offline. Tujuannya adalah untuk menghimpun dana yang akan dikirimkan kepada rakyat Palestina dalam bentuk hidangan sahur dan berbuka.  Aman Palestin memiliki kantor cabang di Gaza, setiap tahun membagikan paket hidangan ini bagi rakyat Palestina yang sahur dan berbuka di kompleks masjid suci ketiga umat Islam, Al Aqsa. 

Sementara Safari Imam Muda Bumi Nusantara adalah program yang digagas oleh Yayasan Aman Palestin-Indonesia dengan mendatangkan sejumlah hafidz ke berbagai penjuru Indonesia. Para hafidz tersebut akan didaulat untuk menjadi imam shalat selama Ramadhan, menjadi pemateri pesantren tahfidz, mengisi kuliah tujuh menit jelang berbuka puasa, atau menjadi pemateri kuliah dhuha. Melalui program ini, Yayasan Aman Palestin-Indonesia berharap dapat menggali potensi hafidz dalam negeri dan memperkenalkannya kepada umat sehingga tercipta tren menghafal Alquran.

photo
Tempat penyimpanan sementara bantuan

Safari Imam Muda Bumi Syam adalah program yang khusus dibuat oleh Yayasan Aman Palestin-Indonesia pada saat Ramadhan. Dalam proram ini, Yayasan Aman Palestin-Indonesia mendatangkan para penghafal Al Quran atau imam dari Yordania. Meski ber-passport Yordania, mereka keturunan Palestina. Dulu, kakek atau ayah mereka terusir dari Palestina. Meski lahir dan dibesarkan di Yordania, kecintaan para imam tersebut terhadap Palestina begitu besar dan mereka berharap suatu hari nanti dapat kembali ke negara leluhur mereka.  Melalui program Safari Imam Muda Bumi Syam ini, mereka berkesempatan untuk mengabarkan kondisi terbaru Palestina kepada umat Islam di Indonesa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement