Ahad 24 May 2020 01:02 WIB

Turki akan Lanjutkan Ekspor Susu ke China

China telah mengizinkan 54 perusahaan Turki melakukan ekspor susu ke China.

Rep: Tuba Sahin/ Red: Elba Damhuri
Bendera Turki di jembatan Martir, Turki
Foto: AP
Bendera Turki di jembatan Martir, Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menteri Perdagangan Turki pada Kamis mengumumkan bahwa ekspor susu dan produk susu Turki ke China dapat dilanjutkan karena otoritas China telah memberikan izin.

"Hambatan untuk mengekspor susu dan produk susu telah teratasi, berkat inisiatif intensif yang diambil dalam koordinasi oleh Departemen Pertanian dan Perdagangan dan Kantor Penasihat Komersial," kata Ruhsar Pekcan melalui Twitter.

Dia mengatakan 54 perusahaan Turki telah diizinkan untuk memulai ekspor ke China, yang merupakan salah satu importir susu terbesar di dunia dengan pasar bernilai hampir USD6 miliar.

Menurut pernyataan terpisah oleh Kementerian Perdagangan, perusahaan susu Turki mengekspor produk senilai USD364 juta di seluruh dunia pada 2019.

Kementerian mengatakan Turki akan terus fokus pada upaya untuk memastikan keragaman pasar dan meningkatkan pangsa pasar produk pertaniannya, terutama produk susu, di China dan negara-negara Timur Jauh.

Kementerian mengingatkan bahwa kedua negara menandatangani protokol pada November 2015 tentang persyaratan kesehatan hewan dan sanitasi untuk produk susu yang diekspor dari Turki ke China.

Pada 2018, tim teknis China mengunjungi Turki sebagai bagian dari implementasi protokol.

 

https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-akan-lanjutkan-ekspor-susu-ke-china/1850116

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement