Selasa 29 Dec 2020 21:07 WIB

Selain Covid-19, Yaman Perangi Wabah Kolera dengan Vaksinasi

Yaman berjuang melawan wabah koleran di saat pandemi Covid-19

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Yaman berjuang melawan wabah koleran di saat pandemi Covid-19. Bendera Yaman

WHO mengatakan bahwa fasilitas kesehatan telah mencatat 167.278 kasus yang dicurigai dengan 48 kematian terkait sejak Januari hingga 2 Agustus tahun ini. Jumlah kasus tertinggi dilaporkan di provinsi barat Hodeidah, 26.936, disusul Sanaa dengan 24.593. 

Pejabat kesehatan di Hajjar mengaitkan kebangkitan kolera dengan sistem pembuangan limbah, di samping pertemuan musiman orang-orang selama panen pohon kurma. Rumah membuang limbah di tempat terbuka atau ke lubang kecil di dekatnya.   

Banjir bandang dan hujan lebat telah menghancurkan sebagian besar sistem pembuangan limbah dan air di daerah perkotaan, mendorong orang untuk menggunakan air yang telah tercemar.  

“Hujan dan banjir telah merusak jaringan pipa air,” kata Bahendi. “Kolera muncul kembali ketika orang beralih ke air yang tidak bersih," tambahnya. 

Dia menambahkan bahwa intervensi kemanusiaan terbaru dari Kementerian Kesehatan dan organisasi internasional telah membantu mengurangi jumlah kasus kolera.  

“Alasan di balik wabah kolera tidak ada hubungannya dengan perang. Kami menuntut pembangunan sistem pembuangan limbah dan air untuk Hajjar yang akan membantu mengakhiri kolera," kata Bahendi.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement