Senin 04 Jan 2021 06:56 WIB

Salah Suntik, Bukannya Divaksin 42 Warga AS Dapat Regeneron

Seharusnya, 42 warga West Virginia AS itu mendapatkan vaksin Covid-19 Moderna.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Obat eksperimental Covid-19 berbasis antibodi dari Regeneron. Sebanyak 42 warga West Virginia, Amerika Serikat yang mestinya mendapatkan vaksin Covid-19 Moderna malah disuntik Regeneron.
Foto:

Sejauh ini tidak ada data tentang keamanan dan kemanjuran vaksin mRNA Covid-19 pada orang yang menerima antibodi monoklonal sebagai bagian dari pengobatan Covid 19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat lantas merekomendasikan agar vaksinasi terhadap 42 orang tersebut harus ditunda setidaknya selama 90 hari.

Sampai informasi tambahan tersedia, CDC menyebut penundaan vaksinasi menjadi tindakan pencegahan demi menghindari gangguan pengobatan antibodi terhadap respons kekebalan yang diinduksi oleh vaksin Terlepas dari rekomendasi CDC, Garda Nasional West Virginia mengatakan kepada ABC News bahwa vaksinasi terhadap 42 orang tersebut tidak dimundurkan 90 hari.

Mereka bahkan telah ditawarkan untuk langsung mendapatkan vaksinasi. Miller menyebut, pihaknya bekerja sama dengan Garda Nasional dan West Virginia Department of Health and Human Resources untuk memastikan insiden serupa tidak terulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement