Selasa 12 Jan 2021 12:43 WIB

Sinovac Kirim 15 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Curah ke RI

Sinovac kirim 15 juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia berbentuk curah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Sinovac kirim 15 juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia berbentuk curah. Ilustrasi vaksin.
Foto:

Sementara itu Pada Senin (12/1), saat mengumumkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA), BPOM menyampaikan vaksin Sinovac ini memiliki efficacy(kemanjuran) 65,3 persen. Angka ini berada di atas standard yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), sebesar 50 persen.

"Pada hari ini, Senin 11 Januari 2021 Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency (emergency use authorization) untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Coronavax Produksi Sinovac bekerejasama dengan PT Biofarma," ujar Kepala BPOM, Penny Lukito, dalam konferensi pers secara virtual. 

Di lokasi yang sama, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa vaksin Covid-19 produksi Sinovac Lifescience Co Ltd China dengan dua diktum atau keputusan. Hal ini menyusul terbitnya izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh, menjelaskan diktum pertama yaitu vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Sciences Co Ltd China dan PT Bio Farma (Persero) hukumnya suci dan halal.

Kedua, vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Sciences Co Ltd China dan PT Bio Farma (Persero) sebagaimana angka 1 (diktum pertama) boleh digunakan untuk umat Islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten.

Asrorun Niam mengatakan, dengan BPOM menyetujui EUA untuk Vaksin Covid-19 produksi Sinovac, maka vaksin ini aman digunakan.

"Kepala BPOM sudah meyatakan menyetujui EUA untuk vaksin Covid-19 produksi sinovac, sehingga aman untuk digunakan. Ketika BPOM sudah mengeluarkan hasil dan persetujuannya itu, maka Fatwa MUI dikeluarkan," ujar Niam dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Selasa (12/1).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement