Selasa 19 Jan 2021 07:08 WIB

Ratusan Tenda Pengungsi Suriah Terendam Banjir di Idlib

Ribuan pengungsi Suriah terancam wabah penyakit di kamp pengungsian

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Ribuan pengungsi Suriah terancam wabah penyakit di kamp pengungsian. Kamp pengungsi Suriah di Provinsi Idlib
Foto:

 

Warga sipil membakar pakaian lama, kain nilon, dan plastik untuk mencoba menghangatkan diri. Ini sangat membahayakan kesehatan mereka karena asapnya dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Kebakaran merupakan ancaman umum dan nyata di kamp karena potensi penyebarannya. Pada Mei tahun lalu, ada tujuh wabah dalam satu bulan di kamp tenda tepatnya di zona perbatasan Turki-Suriah. Ada dua warga sipil yang tewas akibat wabah tersebut. 

Di Desa Deir Hassan, utara Idlib, sekitar 20 tenda hancur total dalam kobaran api yang menyebabkan kerusakan material yang signifikan pada kamp tersebut.

Direktur Kelompok Koordinasi Tanggapan Suriah, Mohammad Hallaj, mengatakan lebih dari 108 tenda telah rusak akibat hujan lebat dalam 48 jam terakhir. Hallaj juga mengumpulkan data migrasi di wilayah itu.

Menurut Cutts, meskipun kamp baru sedang dalam proses pembangunan yang bisa menampung 1 juta pengungsi, namun kamp baru bukanlah sebuah solusi. Yang diinginkan orang-orang adalah mengakhiri perang dan dapat kembali dengan selamat ke tempat asalnya.

Meskipun pejabat dan badan amal Turki melanjutkan upaya mereka untuk memberikan bantuan kemanusiaan, masih ada ribuan lainnya yang membutuhkan bantuan secepatnya dari komunitas internasional. Pada Juni 2020, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan berjanji untuk mendanai pembangunan 50 rumah bata warga sipil di Idlib.

Turki berencana untuk memenuhi target selama musim panas sehingga tempat penampungan akan siap untuk para pengungsi sebelum musim dingin tiba. Ibu negara Emine Erdogan juga menyumbangkan dana untuk mensubsidi 57 rumah bata. Sejak itu, beberapa lembaga kemanusiaan dari Turki telah berpartisipasi dalam pembangunan rumah bata. 

 

Sumber:  https://www.dailysabah.com/politics/50000-displaced-civilians-tents-flooded-by-heavy-rains-in-syrias-idlib/news 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement