Ahad 24 Jan 2021 18:02 WIB

Kapal Kargo Turki Diserang Bajak Laut di Perairan Nigeria

Turki meluncurkan operasi penyelamatan dan upaya diplomatik

Red: Nur Aini
Turki meluncurkan upaya diplomatik untuk menemukan anggota awak yang diculik setelah terjadi serangan bajak laut terhadap sebuah kapal kargo Turki di lepas pantai Nigeria, menurut sumber diplomatik.

Pejabat perusahaan menyatakan belasungkawa dan dukungan untuk keluarga kru. Mereka menyerukan pendekatan sensitif dalam penyelamatan demi anggota kru dan menggarisbawahi bahwa mereka mencoba menyelesaikan masalah secepat mungkin dengan cara yang paling aman.

Kedutaan besar Turki di negara-negara sekitarnya, termasuk Nigeria, telah dikerahkan untuk menyelamatkan kru, sumber diplomatik menambahkan. Kapal tersebut tadinya direncanakan akan tiba di Pelabuhan-Gentil, Republik Gabon, pada pukul 9 pagi waktu setempat.

Mozart diserang oleh bajak laut pada Sabtu pagi, sementara satu anggota awak tewas dan 15 lainnya diculik dari kapal yang memiliki 19 awak itu. Lima belas anggota kru yang dipindahkan dari Lagos, Nigeria ke Cape Town, Afrika Selatan diculik, sementara tiga orang tetap bersama para perompak, kata David Johnson, kepala Grup Risiko EOS yang berbasis di Inggris dalam sebuah pernyataan.

Mozart diserang di Teluk Guinea, 160 kilometer (100 mil) dari Sao Tome. Sejumlah rekaman telah dibagikan di Twitter dan diyakini milik kapten kapal itu mengatakan: "Saya tidak tahu ke mana saya pergi. Para perompak membongkar semua kabel, tidak ada yang berfungsi. Hanya navigator yang berfungsi. Mereka memberi saya rute, saya bergerak sesuai rute itu. "

* Ditulis oleh Gozde Bayar

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kapal-kargo-turki-diserang-bajak-laut-di-perairan-nigeria-1-orang-tewas-/2120822
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement