Kamis 28 Jan 2021 16:43 WIB

Tim WHO di Wuhan Bersiap Selidiki Asal-Usul Covid-19

Tim WHO telah menjalani karantina 14 hari di Wuhan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
 Seorang pekerja dengan penutup pelindung mengarahkan anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada saat kedatangan mereka di bandara di Wuhan di provinsi Hubei China tengah pada Kamis, 14 Januari 2021. Sebuah tim peneliti global tiba Kamis di kota China di mana pandemi virus korona pertama kali terdeteksi untuk melakukan penyelidikan yang sensitif secara politik tentang asal-usulnya di tengah ketidakpastian tentang apakah Beijing mungkin mencoba mencegah penemuan yang memalukan.
Foto:

Ahli zoologi Inggris Peter Daszak adalah salah satu anggota tim yang dikirim WHO ke China. Dia sempat mengatakan bahwa asumsi kebocoran laboratorium sebagai musabab munculnya Covid-19 adalah teori konspirasi dan murni omong kosong. "Saya belum melihat bukti sama sekali tentang kebocoran laboratorium atau keterlibatan laboratorium dalam wabah ini," kata Daszak.

Menurutnya, pandemi Covid-19 terjadi secara alami. Hal itu disebabkan perambahan manusia ke habitat satwa liar. Pemandangan demikian dipamerkan di seluruh Asia Tenggara. Saat ditanya tentang mengunjungi WIV untuk menyisihkan teori kebocoran laboratorium, Daszak menjawab, "Itu bukan tugas saya untuk melakukan hal tersebut."

"WHO menegosiasikan kerangka acuan dan mereka mengatakan kita akan mengikuti bukti, dan itulah yang harus kami lakukan," ujar Daszak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement