Selasa 09 Feb 2021 19:49 WIB

Dubes China: Hubungan Indonesia-China Kian Erat

Indonesia dan China juga dinilai telah bahu membahu dalam melawan pandemi.

Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia, Xiao Qian.
Foto:

Adapun perusahaan dari kedua negara telah melakukan uji klinis fase III atas vaksin Covid-19, dan telah secara aktif mempromosikan kerja sama pengadaan, penelitian, pengembangan, dan produksi vaksin bersama.

Lebih lanjut, kerja sama ekonomi juga disebut telah mencapai kemajuan baru. China mempertahankan posisi sebagai mitra dagang terbesar dan negara yang menanam investasi terbesar kedua di Indonesia.

“Pada 2020, volume perdagangan bilateral China dan Indonesia mencapai 78,37 miliar dolar AS, impor China dari Indonesia sebesar 37,37 miliar dolar AS, meningkat 10,13 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Xiao.

Kemudian investasi langsung China di Indonesia mencapai 1,83 miliar dolar AS atau meningkat sebesar 72,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia juga menyoroti proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang disebut sebagai proyek simbolis dalam kerja sama kedua negara membangun Belt and Road bersama, serta “jalur cepat” untuk memfasilitasi pertukaran personel yang diperlukan.

“Kedua pihak menjaga stabilitas dan kelancaran arus rantai industri dan rantai pasokan, bersama-sama mengembangkan kerjasama penggerak pertumbuhan ekonomi baru seperti ekonomi digital, bio-farmasi, dan pengentasan kemiskinan melalui iptek,” paparnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement