Rabu 10 Feb 2021 20:22 WIB

Menlu Palestina Bertemu Menlu Retno Bahas Hubungan Bilateral

Menlu Maliki menganggap Indonesia sebagai saudara Palestina

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riyad Maliki melakukan jumpa pers virtual udai pertemuan di Dead Sea, Yordania, Rabu (10/2)
Foto:

Dukungan Indonesia kepada Palestina termasuk pada saat pandemi. Indonesia menyoroti pentingya memastikan akses dan distribusi vaksin yang adil dan setara untuk rakyat Palestina. Hal itu Menlu Retno sampaikan sebagai salah satu Ketua Bersama dari Covax AMC Engagement Group.

Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan 2,3 juta dolar AS untuk Palestina melalui berbagai mekanisme secara bilateral maupun melalui UNWRA dan ICRC. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang melakukan komunikasi yang erat dengan Otoritas Palestina, United Nations relief and Works Agency for Palesstine Refugees (UNWRA), dan International Committee of the Red Cross (ICRC).

"Dan kami berharap dana bantuan untuk penanggulangan Covid-19 di Palestina bisa dicairkan di semester pertama tahun ini," ujar Menlu.

Di akhir pertemuan, Menlu berharap dapat bekerja bersama Palestina untuk menjaga kondisi yang kondusif, tidak hanya di persiapan pemilu, tetapi menyoal perundingan untuk perdamaian yang adil dan bertahan lama. "Dan kondisi kondusif seperti itu juga diharapkan dari pihak Israel antara lain dengan menghentikan aneksasi," ujar Menlu Retno.

"Terima kasih, dan mari kita terus bekerja sama dan yakinlah Indonesia akan selalu bersama Palestina," kata Menlu Retno.

Satu hari sebelumnya, Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Yordania Ayman Safadi di Amman pada Selasa (9/2). Selain membahas hubungan dan kerja sama bilateral, mereka turut membicarakan isu Palestina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement