Kamis 11 Feb 2021 01:27 WIB

China Minta AS Undang WHO Selidiki Covid-19

WHO menyebut virus penyebab Covid-19 bukan berasal dari laboratorium di Wuhan

Red: Nur Aini
Seorang jurnalis mengangkat tangannya untuk mengajukan pertanyaan pada Konferensi Pers Studi Bersama WHO-China yang diadakan di akhir misi Organisasi Kesehatan Dunia di Wuhan, China, Selasa, 9 Februari 2021.
Foto:

Peter Ben Embarek, ketua tim yang dipimpin WHO yang menghabiskan empat pekan penyelidikan di China, menyebut bahwa investigasi ini tidak banyak mengubah pandangan WHO atas wabah yang terjadi, meskipun virus bisa saja melintasi wilayah sebelum akhirnya tiba di Wuhan.

Dengan menyisihkan kemungkinan kebocoran di laboratorium, Embarek menyebut makanan beku kemungkinan dapat menjadi media penularan virus. Hal ini akan mendukung hipotesis Beijing, yang menyalahkan sejumlah klaster infeksi pada kemasan makanan impor.

Kesimpulan WHO "membantah total teori konspirasi yang dikembangkan oleh sejumlah pihak anti China, seperti mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang menuduh Institut Virologi Wuhan membocorkan virus tersebut," tulis Global Times.

Sebelumnya, Pompeo mengatakan terdapat "sejumlah bukti yang signifikan" bahwa virus Covid-19 muncul dari sebuah laboratorium di China.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement