Senin 15 Feb 2021 12:57 WIB

Joe Biden Serukan Reformasi UU Pengendalian Senjata

Biden mendesak Kongres untuk memberlakukan reformasi hukum senjata

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Foto:

Penembakan di Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas pada 2018 menewaskan 17 siswa dan staf serta melukai sedikitnya 15 lainnya. Insiden itu memicu kemarahan di seluruh negeri dan memicu perdebatan lain tentang pengendalian senjata. Insiden tersebut memicu kampanye nasional March For Our Lives, yang diorganisir dan dipimpin oleh orang-orang yang selamat dari penembakan massal.

“Selama tiga tahun ini, keluarga di Parkland telah mengajari kita semua sesuatu yang mendalam. Berkali-kali, mereka telah menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat mengubah kesedihan kita menjadi tujuan untuk berbaris, mengatur, dan membangun gerakan yang kuat, inklusif, dan jangka panjang untuk perubahan," kata Biden.

Seruan untuk undang-undang kontrol senjata yang lebih ketat di AS telah gagal mencapai hasil karena kelompok lobi senjata, termasuk National Rifle Association (NRA) terus memberikan pengaruh yang signifikan di Washington, DC. Organisasi lobi senjata telah memberikan sumbangan yang cukup besar kepada legislator AS dari kedua partai terkemuka selama bertahun-tahun. Selain itu, proposal untuk memberlakukan undang-undang pengendalian senjata yang lebih ketat tidak banyak berhasil di Kongres. 

Menurut Gun Violence Archive, sebuah kelompok riset nirlaba, ada 611 penembakan massal di AS pada tahun lalu. Organisasi tersebut mendefinisikan "penembakan massal" sebagai penembakan yang menewaskan sedikitnya empat orang atau terluka, tidak termasuk pelaku. Selama kampanye kepresidenannya, Biden mengatakan salah satu prioritas utamanya jika terpilih adalah mencabut Undang-Undang Perlindungan Perdagangan yang Sah dalam Senjata. Undang-undang ini disahkan pada 2005, yang melindungi produsen senjata agar tidak bertanggung jawab atas penembakan yang dilakukan menggunakan produk mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement