Kamis 11 Mar 2021 05:16 WIB

Gubernur Texas Tuding Biden Penyebab Lonjakan Migran

Gubernur Texas menyebut ada krisis di perbatasan AS-Meksiko karena lonjakan migran

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto:

Anak-anak migran di sepanjang perbatasan berdatangan dalam jumlah yang semakin meningkat. Dalam dua pekan terakhir, jumlah pendatang naik hingga  tiga kali lipat menjadi lebih dari 3.250, menurut dokumen imigrasi yang diperoleh NYT.

Sementara, Gedung Putih telah mengakui masuknya itu berarti banyak anak ditahan di fasilitas Bea Cukai dan Patroli Perbatasan lebih lama dari tiga hari yang diizinkan oleh hukum. Mereka kemudian akan dipindahkan ke tempat penampungan atau akomodasi lain yang dijalankan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS).

"Ada lebih banyak anak yang menyeberangi perbatasan daripada yang kami miliki fasilitasnya saat ini," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki, Selasa.

Psaki mengetahui bahwa banyak yang mempertanyakan tentang perubahan kebijakan soal imigran. Namun, demikian, menurutnya, ada beberapa alasan mengapa mereka pikir orang-orang datang ke perbatasan. 

“Individu dan keluarga melarikan diri dari tuntutan, melarikan diri dari kekerasan, melarikan diri dari kesulitan ekonomi dan hal-hal lain, wilayah tersebut juga mengalami dua badai pada musim gugur,” katanya.

Dia melanjutkan, semua ini terjadi selama pandemi global yang berdampak pada ekonomi negara lain. Pandemi ini juga menempatkan kesulitan yang tidak semestinya pada rakyatnya seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Kepada para calon migran di wilayah tersebut, dia memberikan pesan bahwa saat ini bukan waktunya untuk datang ke AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement