Ahad 28 Mar 2021 13:41 WIB

India Beri 1,2 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Bangladesh

Bangladesh meminta pasokan vaksin reguler dari pesanannya di India

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Alat suntik vaksin AstraZeneca Covid-19 (ilustrasi).
Foto:

Bangladesh menandatangani kesepakatan pada November dengan Serum Institute of India (SII), pembuat vaksin terbesar di dunia, untuk 30 juta dosis vaksin AstraZeneca. Negara berpenduduk lebih dari 160 juta orang ini telah menerima 9 juta dosis vaksin dari Serum. India sebelumnya juga telah memberi negara tetangganya itu 2 juta dosis suntikan yang diproduksi Serum untuk banyak negara.

India telah memberi tahu mitra internasionalnya bahwa pihaknya akan memprioritaskan inokulasi domestik daripada ekspor vaksin karena negara itu memerangi peningkatan infeksi baru. Pekan ini, India telah menangguhkan sementara semua ekspor utama vaksin virus corona AstraZeneca yang dibuat oleh SII untuk memenuhi permintaan di dalam negeri saat infeksi meningkat.

Langkah ini juga akan mempengaruhi pasokan ke fasilitas berbagi vaksin Covax yang didukung GAVI/WHO di mana lebih dari 180 negara diharapkan mendapatkan dosis. Covax sejauh ini telah menerima 17,7 juta dosis AstraZeneca dari SII, dari total 60,5 juta dosis yang dikirimkan India, dan banyak negara yang mengandalkan program untuk mengimunisasi warganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement