Selasa 27 Apr 2021 20:41 WIB

Mahathir: Kasus Covid-19 Lebih dari 2.000 Serius

Selama 13 hari terakhir jumlah kasus baru yang dilaporkan di atas 2.000.

Mahathir: Kasus Covid-19 Lebih dari 2.000 Serius. Mahathir Mohamad
Foto:

Pabrik yang padat karya, ujar dia, harus mengurangi angkatan kerjanya. Harus ada lebih banyak robot dan otomatisasi.

"Pekerja harus mengamati jarak sosial secara ketat. Pengusaha harus memastikan ini di pabrik," katanya.

Muslim yang melakukan sholat massal, ujar dia, harus memastikan mereka mengamati pemisahan sosial. "Ini harus dilakukan tidak hanya saat sholat tetapi juga saat sholat selesai dan mereka meninggalkan masjid. Terlihat bahwa mereka melupakan jarak sosial saat meninggalkan masjid," katanya.

Dia mengatakan pandemi Covid-19 hanya dapat diatasi jika semua SOP dipatuhi dengan ketat. "Rumah sakit swasta harus diizinkan untuk memvaksinasi. Vaksin seperti Sputnik V dan beberapa vaksin Cina harus disertifikasi. Juga yang digunakan di Amerika dimana setiap hari sebanyak tiga juta vaksinasi dilakukan," katanya.

Virus ini, ujar dia, tidak akan hilang dengan mudah dan bisa mengganggu dunia untuk waktu yang lama. "Negara-negara kaya harus berhenti menghabiskan ratusan miliar untuk cara-cara membunuh orang. Ilmuwan terbaik mereka harus mempelajari dan mengembangkan cara memerangi pandemi virus. Pada saat yang sama para peneliti yang bermain-main dengan virus, bakteri dan bahan kimia harus dikendalikan untuk menghindari tumpahan yang tidak disengaja atau disengaja ke dalam sistem," katanya.

 

Mahathir mengatakan kita akan hidup dengan pandemi untuk waktu yang lama."Kita harus belajar bagaimana bertahan hidup. Kita harus mengembangkan keahlian dalam menangani mereka," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement