Rabu 05 May 2021 17:30 WIB

Jurnalis Prancis yang Diculik di Mali Minta Dibebaskan

Jurnalis Prancis yang diculik oleh militan Islam di Mali berharap dibebaskan

Rep: Rizky Jaramaya/Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Kelompok Alqaeda di Islam Maghribi. Jurnalis Prancis yang diculik oleh militan Islam di Mali berharap dibebaskan. Ilustrasi.
Foto:

Deloire mengatakan Dubois pergi untuk mencari berita di Gao sebelah utara Mali. Namun ia tidak pulang ke hotelnya untuk makan siang. Dubois biasanya bekerja untuk LePoint Afrique.

Menteri Luar Negeri Prancis mengonfirmasi Dubois hilang dan mengatakan mereka sudah menghubungi keluarganya dan pihak berwenang Mali. Negara Afrika Barat itu mengalami gejolak sejak 2012 lalu mendorong tentara memberontak lalu menggulingkan presiden.

Kevakuman kekuasaan tersebut memicu pemberontakan kelompok teroris. Pada tahun 2013 Prancis menggelar operasi militer untuk menyingkirkan para teroris dari kota-kota yang mereka kuasai di sebelah utara Mali.

Namun pemberontak masih aktif dan sejak tahun 2015 kelompok-kelompok ekstremis yang memiliki jaringan dengan al-Qaeda dan ISIS masih bergerak dari daerah utara yang gersang ke bagian tengah yang lebih padat. Mereka menyerang dan memicu permusuhan antara kelompok etnis di daerah tersebut.

sumber : Reuters/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement