Ahad 09 May 2021 12:44 WIB

Putin akan Tinjau Kekuatan Militer Rusia

Parade itu menampilkan kekuatan militer di Red Square Moskow

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato kenegaraan tahunannya di Manezh, Moskow, Rusia, Rabu, 21 April 2021.
Foto:

Sebelumnya, konflik di tenggara Ukraina telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Kiev dan separatis saling menuduh melanggar gencatan senjata. Ukraina juga menuduh Rusia mengirim pasukan ke perbatasan. Sementara, Moskow mengatakan tindakannya sebagai tanggapan atas tindakan provokatif Kiev.

Kiev dan Moskow saling menyalahkan atas situasi yang memburuk di wilayah Donbass timur. Wilayah tersebut merupakan tempat pasukan Ukraina bertempur melawan pasukan yang didukung Rusia dalam konflik yang menurut Kiev telah menewaskan 14.000 orang sejak 2014. Kebuntuan itu telah memicu keprihatinan dari para pendukung Ukraina di Barat. Washington dan aliansi NATO menuduh Rusia membangun "provokatif. 

Pengerahan pasukan Rusia di dekat Ukraina adalah salah satu dari beberapa masalah yang telah meningkatkan ketegangan antara Moskow, dan Barat. Pekan lalu, Amerika Serikat memperketat sanksi terhadap Rusia atas tuduhan telah meretas komputer dan ikut campur dalam pemilihan AS. Sementara Republik Ceko menuduh Moskow berperan dalam ledakan mematikan di tempat pembuangan senjata pada 2014. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement