Selasa 18 May 2021 00:02 WIB

Bobolnya Iron Dome Israel oleh Roket-Roket Palestina

Iron Dome menjadi juru selamat rakyat Israel namun dapat ditembus roket Palestina

Rep: Anadolu/DW/Reuters/ Red: Elba Damhuri
Jejak lintasan asap tampak setelah  sistem pertahanan anti rudal Iron Dome mencegat roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza, di Sderot, Israel Selatan, Senin (24/2).
Foto:

Kepala Pertahanan Rudal Kementerian Moshe Patel mengatakan Iron Dome telah menyelesaikan serangkaian tes yang mencakup mencegat roket dan rudal secara simultan dari beberapa kendaraan udara tak berawak.

“Organisasi Pertahanan Rudal Israel di Kementerian Pertahanan dan @RAFAELdefense telah berhasil menyelesaikan kampanye uji Iron Dome. Kampanye ini mendemonstrasikan peningkatan signifikan dari kemampuan teknologi sistem,” kata Kementerian Pertahanan Israel dalam cicitannya @Israel_MOD, dilansir Al Arabiya, Rabu (17/3).

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memuji uji coba tersebut. “Keunggulan teknologi Israel yang disediakan oleh Iron Dome dan sistem pertahanan multilapis adalah landasan sistem pertahanan kami dan keamanan Israel. Ini penting untuk keamanan negara dalam menghadapi perubahan dan ancaman yang beragam dari musuh,” kata Gantz.

Patel menyebut sistem Iron Dome baru akan digunakan oleh angkatan udara dan angkatan laut Israel dalam waktu dekat. Sebelumnya, Angkatan Udara Israel memiliki sistem pertahanan rudal bertingkat untuk melindungi negara dari ancaman udara. Lapisan terendah dari sistem pertahanan rudal multitingkat Israel adalah Iron Dome.

Namun, meski sudah diupgrade kemampuannya, Iron Dome tetap tak mampu menghalau hujan roket dari Jalur Gaza. Korban jiwa pun berjatuhan di kubu Israel meski tidak sebanyak korban jiwa di Palestina.

sumber : Anadolu/DW/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement