Jumat 21 May 2021 14:34 WIB

Presiden Moon Temui Joe Biden di Gedung Putih

Isu Korut dan Covid-19 diyakini akan menjadi bahasan di antara keduanya.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.
Foto:

Pandemi Covid-19 yang masih berkecamuk di seluruh dunia sudah tentu akan jadi pusat pembahasan Biden dan Moon. Gedung Putih mengatakan, Moon dan Biden akan membahas langkah AS dapat mendukung perang Seoul melawan Covid-19 dan cara untuk bersama-sama meningkatkan produksi vaksin global.

Namun yang belum terjawab adalah apakah Korsel akan menjadi penerima manfaat dengan mendapatkan pasokan vaksin dari AS.

Koordinator kebijakan Asia AS, Kurt Campbell, mengatakan hasil pertemuan kedua pemimpin akan mencakup kemitraan nyata terkait dengan menangani keamanan rantai pasokan dan meningkatkan kerja sama publik dan swasta pada teknologi canggih.

Pada Kamis (20/5), Ford Motor Co (F.N) dan pembuat baterai Korea Selatan SK Innovation (096770.KS) mengumumkan bahwa mereka akan membentuk usaha bersama di AS untuk mendukung peluncuran kendaraan listrik pembuat mobil AS.

Selain itu surat kabar Korsel mengatakan, Samsung Electronics Co Ltd (005930.KS) Korsel dapat memulai pembangunan pabrik chip AS senilai 17 miliar dolar AS pada kuartal ketiga tahun ini.

Korsel telah menetapkan target pengurangan emisi karbon sebesar 24,4 persen dari level 2017 pada 2030 sebagai bagian dari komitmennya di bawah Perjanjian Paris. Namun pejabat kebijakan iklim global Gedung Putih John Kerry telah mendorong Seoul untuk menggandakan target.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement