Rabu 02 Jun 2021 11:15 WIB

PBB Minta Ekstremis Israel Berhenti Serang Warga Palestina

Warga Palestina di Israel termasuk Arab Badui kerap mengalami diskriminasi

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Pengunjuk rasa Palestina berlindung selama bentrokan dengan pasukan Israel setelah protes terhadap pemukiman Israel di desa Beta dekat Kota Nablus, Tepi Barat, 28 Mei 2021.
Foto:

Pakar PBB itu mengatakan diskriminasi dan eksklusi sosial seperti segregasi antara warga Arab dan Yahudi dan perlakuan tidak setara dalam hak dan privilese banyak mengorbankan warga Palestina. Ketiadaan perlindungan dan ledakan pemukiman di desa-desa Badui di Naqab meningkatkan kerentanan minoritas Badui.

"Mengingat urgensinya situasi ini, saya meminta pemerintah Israel mengecam dengan tegas semua tindakan kekerasan, kebencian dan diskriminasi terhadap warga Palestina di Israel," kata de Varennes.

Ia mengatakan pihak berwenang Israel harus memastikan agar semua warga menghentikan serangan. Semua orang juga harus dilindungi sepenuhnya dan dengan setara tanpa diskriminasi.

De Varennes mengatakan kegagalan polisi melindungi semua warga tanpa diskriminasi harus diselidiki. Pernyataannya ini didukung Pelapor Khusus PBB dalam Isu Hak Berkumpul Denga Damai Clement Nyaletsossi Voule dan Pelapor Khusus PBB dalam Isu Hak Asasi Manusia di Wilayah Palestina Michael Lynk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement