Rabu 02 Jun 2021 20:19 WIB

Indonesia Harapkan Peran Uni Eropa untuk Palestina Merdeka

Isu Palestina turut dibahas dalam pertemuan antara Retno Marsudi dan Josep Borrell

Red: Nur Aini
Indonesia mengharapkan peran dan dukungan Uni Eropa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Sementara itu, Josep menegaskan Uni Eropa tidak melarang impor minyak kelapa sawit. Josep menyadari betapa pentingnya industri minyak kelapa sawit bagi Indonesia dan rakyatnya untuk mengatasi kemiskinan. Namun, Josep menyoroti masalah keberlanjutan dari industri minyak kelapa sawit yang perlu diselesaikan bersama.

“Kita harus mencari solusi yang mengatasi isu keberlanjutan dan ekonomi. Kita akan bekerja sama untuk melakukannya,” ucap Josep.

Adapun isu lain yang dibahas antara lain, krisis di Myanmar pasca-kudeta militer, kerja sama ekonomi yang adil dan terbuka untuk membantu pemulihan ekonomi, hingga dukungan akses vaksin Covid-19 yang merata melalui skema multilateral.

Dalam pertemuan itu, dilakukan pula penandatanganan MoU antara Uni Eropa dengan perusahaan pembiayaan KfW Jerman terkait hibah tambahan sebesar 10 juta Euro untuk proyek KfW Jerman. Hibah tersebut akan disalurkan untuk memperkuat kapasitas dua rumah sakit perguruan tinggi atau university hospital di Sulawesi Selatan dan Jawa Timur dalam riset terkait penanganan Covid-19 dan pandemi lainnya di masa depan.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/indonesia-harapkan-peran-uni-eropa-dalam-wujudkan-kemerdekaan-palestina/2261364
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement