Kamis 24 Jun 2021 01:15 WIB

AS Tinjau Kasus Radang Jantung Pascavaksinasi Pfizer-Moderna

CDC AS belum mengonfirmasi kaitan antara peradangan jantung dan vaksinasi.

Vaksin Covid-19 Moderna. AS mencatat laporan peradangan jantung pada peserta vaksinasi yang menggunakan vaksi Pfizer dan Moderna.
Foto:

Komite Penasihat untuk Praktek Imunisasi (ACIP) akan membahas manfaat vaksin Covid-19 versus risiko potensial pada remaja dan dewasa muda dari kondisi jantung tersebut, menurut agenda CDC. Kendati pejabat kesehatan di Israel telah menetapkan bahwa terdapat kemungkinan sebuah kaitan antara vaksin dan peradangan jantung, kekhawatiran soal varian Covid-19 Delta mendorong negara tersebut untuk mendesak warga berusia 12-15 agar divaksin.

Pfizer telah mengantongi izin penggunaan vaksin pada usia 12 tahun di Amerika. Perusahaan sebelumnya mengatakan tidak mengamati tingkat peradangan jantung yang lebih tinggi daripada yang biasanya diharapkan di masyarakat umum.

Moderna mengatakan tidak dapat mengidentifikasi hubungan kausal antara kasus peradangan jantung dan vaksin buatannya. Lebih dari 138 juta warga Amerika telah mendapatkan dosis lengkap salah satu dari dua vaksin mRNA tersebut, menurut data CDC hingga Senin.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement