Senin 28 Jun 2021 20:59 WIB

Tim Penyelamat Optimistis Evakuasi Korban Apartemen Miami

Menyelamatkan korban dari puing bangunan apartemen membutuhkan perhitungan cermat

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Tim penyelamat mencari korban di antara reruntuhan bangunan apartemen 12 lantai di Surfside, Florida, Ahad (27/6)/
Foto:

Di antara alat penyelamat yang digunakan adalah perangkat radar gelombang mikro yang dikembangkan oleh Jet Propulsion Lab NASA dan Departemen Keamanan Dalam Negeri. Perangkat seukuran koper itu dapat mendeteksi pernapasan dan detak jantung manusia.

Presiden Joe Biden mengatakan dia berbicara dengan Administrator FEMA, Deanne Criswell, tentang upaya di lapangan setelah Criswell mengunjungi situs tersebut. Biden mengatakan pemerintahannya siap memberikan bantuan dan dukungan.

“Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi keluarga yang mengalami tragedi ini,” kata Biden. “Hati saya tertuju pada setiap orang yang menderita selama momen yang mengerikan ini," ujarnya.

Pada Sabtu malam, tim penyelamat menggali parit yang membentang sepanjang 125 kaki, dengan lebar 20 kaki, dan kedalaman 40 kaki. Parit ini memungkinkan mereka menemukan lebih banyak korban yang tersisa.

Earl Tilton, yang menjalankan perusahaan konsultan pencarian dan penyelamatan di North Carolina, mengatakan memindahkan puing-puing membutuhkan waktu dan perhitungan yang cermat. Karena apabila terburu-buru maka proses eksekusi justru akan gagal dan dapat melukai banyak orang.

“Memindahkan puing-puing yang salah pada waktu yang salah dapat menyebabkannya kecelakaan pada pekerja dan menghancurkan mereka," kata Tilton.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement