Selasa 29 Jun 2021 22:35 WIB

9 Tahun Hilang, Lukisan Picasso Ditemukan

Karya Picasso hilang dicuri dari Galeri Nasional Athena, Yunani, sembilan tahun lalu.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Lukisan Head of a Woman karya Picasso (kiri) dan Stammer Windmill karya Piet Mondrian ditemukan di pinggiran Yunani setelah hilang sembilan tahun lalu dari Galeri Nasional Athena.
Foto:

Semula, polisi menuding dua pria berada di balik pencurian lukisan terkenal tersebut. Polisi mengatakan, awalnya mereka mengambil empat benda seni, namun yang terakhir digondol kemudian terjatuh saat melarikan diri.

Polisi mengatakan, pada saat itu bahwa pencurian itu selesai dalam waktu sekitar tujuh menit. Karya yang tak jadi dicuri merupakan peninggalan Mondrian.

Karya Picasso yang dicuri adalah lukisan kubisme kepala perempuan yang disumbangkan oleh pelukis Spanyol ke Yunani pada tahun 1949. Picasso melukisnya pada 1939, terinspirasi dari kekasihnya, Dora Maar.

Pelukis Spanyol menghadiahkannya kepada Galeri Nasional Athena sebagai penghormatan kepada orang-orang Yunani atas perlawanan mereka terhadap pasukan pendudukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Sementara itu, "Stammer Windmill" milik Mondrian merupakan lukisan cat minyak yang menggambarkan kincir angin tepi di sungai.

Mondria merupakan pelukis Belanda yang kemudian menjadi terkenal karena karya abstrak liniernya. Polisi mendeskripsikan pencurinya sebagai seorang dekorator yang tak berniat menjual benda seni curian tersebut.

Selama ini, ketiga karya seni tersebut tersimpan di rumah si pencuri. Belum lama ini, ia membungkus lukisan-lukisan itu dengan plastik lalu memindahkannya ke tepi sungai yang mengering di pinggiran Athena.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement