Rabu 04 Aug 2021 16:24 WIB

Dari Iran Hingga Rusia, Bantu Turki Atasi Kebakaran

Kebakaran hutan dekati pembangkit listrik di Turki

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Seorang pria menyusuri jalan di desa Sirtkoy yang dilanda kebakaran, dekat Manavgat, Antalya, Turki, Minggu, 1 Agustus 2021. Lebih dari 100 kebakaran hutan telah dikendalikan di Turki, menurut para pejabat. Menteri kehutanan mentweet bahwa lima kebakaran terus berlanjut di tujuan wisata Antalya dan Mugla.
Foto:

Menanggapi kritik bahwa pemerintah telah menolak beberapa tawaran bantuan internasional, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan Turki telah menilai banyak proposal, memprioritaskan tawaran pesawat dan helikopter. Dia mengatakan beberapa negara, termasuk Prancis dan Yunani, membatalkan penawaran karena kebutuhan dan kebakaran mereka sendiri. Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan pihaknya membahas situasi dengan pejabat Turki tetapi diberitahu bahwa Ankara tidak membutuhkan bantuan.

Gelombang panas yang memicu kebakaran terjadi setelah berbulan-bulan cuaca sangat kering di barat daya Turki. Data dari Layanan Informasi Kebakaran Hutan Eropa menunjukkan ada tiga kali lebih banyak kebakaran dari biasanya tahun ini, sementara lebih dari 136.000 hektar yang terbakar di Turki, rata-rata tiga kali luas area yang terbakar dalam satu tahun penuh.

Pemerintah sedang menyelidiki penyebab kebakaran, termasuk kemungkinan pembakaran. Kementerian Pertahan menyatakan, pihak berwenang menangkap satu orang yang mencoba menyalakan api di luar kompleks militer di provinsi barat daya Denizli.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement