Selasa 10 Aug 2021 13:00 WIB

Panel Perubahan Iklim PBB Buat 5 Skenario Masa Depan Bumi

Beberapa skenario menunjukkan pemanasan 1,5 C akan terlewati pada 2030-an.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Perubahan iklim (Ilustrasi)
Foto:

 

Di bawah perjanjian iklim Paris 2015, para pemimpin dunia berkomitmen untuk mencoba membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat Celcius sejak akhir abad ke-19 karena masalah meningkat dengan cepat setelah itu. Sekarang karena dunia telah menghangat hampir 1,1 derajat Celcius dalam satu setengah abad terakhir.

"Itu hanya dijamin bahwa itu akan menjadi lebih buruk. Saya tidak melihat area yang aman, tidak ada tempat untuk lari, tidak ada tempat untuk bersembunyi," kata rekan penulis laporan Linda Mearns, ilmuwan iklim senior di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional AS.

Laporan tersebut memberikan para pemimpin dunia informasi terkini terbaru tentang penyebab perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia sejak 2013, serta tren terbaru dalam ilmu atmosfer, kelautan, dan permukaan tanah. 

 

Lebih dari 200 ilmuwan meninjau lebih dari 14 ribu studi untuk laporan tersebut. Laporan ini adalah puncak dari penilaian lima tahun secara maraton. Laporan ini memperbarui proyeksi terbaik ilmuwan untuk pemanasan global, dan membahas putaran umpan balik dan dinamika Bumi lainnya yang berdampak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement