Rabu 11 Aug 2021 18:25 WIB

Taliban Rebut Provinsi di Utara Afghanistan

Taliban telah menduduki Faizabad, yang merupakan ibu kota provinsi Badakhshan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Petugas keamanan Afghanistan berpatroli setelah mereka merebut kembali bagian kota Herat menyusul pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan Afghanistan, di pinggiran Herat, 640 kilometer (397 mil) barat Kabul, Afghanistan, Minggu, 8 Agustus 2021
Foto:

Amerika Serikat akan menyelesaikan penarikan pasukannya pada bulan ini. Taliban berjanji untuk tidak menyerang pasukan asing saat mereka mundur. Tetapi mereka tidak mau melakukan gencatan senjata dengan pasukan pemerintah.

Pejabat pemerintah telah meminta Pakistan untuk menghentikan bala bantuan dan pasokan kepada Taliban di perbatasan. Pakistan membantah bahwa mereka memberikan dukungan kepada Taliban.

Pasukan pemerintah Afghanistan telah menarik diri dari distrik pedesaan yang sulit dipertahankan. Mereka fokus mempertahankan pusat-pusat populasi.  Di beberapa tempat, pasukan pemerintah menyerah tanpa perlawanan.

Presiden Ghani  akan bertemu dengan para pemimpin regional kunci di Mazar-i-Sharif. "Presiden Ghani dijadwalkan bertemu dengan pemerintah daerah dan pejabat keamanan, pemimpin politik dan jihad, tetua suku dan orang-orang berpengaruh," kata kantor kepresidenan di Twitter.

Di selatan, pasukan pemerintah pasukan pemerintah memerangi pejuang Taliban yang berusaha mencapai penjara utama provinsi Kandahar untuk membebaskan rekan-rekan yang ditahan. Tolo News melaporkan, pertempuran juga terjadi di kota Farah dekat perbatasan Iran.

Enam negara anggota UE memperingatkan para pejabat eksekutif  agar tidak menghentikan deportasi pencari suaka Afghanistan yang tiba di Eropa. Mereka khawatir terhadap kemungkinan terulangnya krisis 2015-2016 atas kedatangan lebih dari satu juta migran, terutama dari Timur Tengah.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement