Rabu 11 Aug 2021 21:16 WIB

Diburu Aparat, Aktivis Myanmar Tewas Lompat dari Gedung

Para aktivis itu melompat untuk menghindar kejaran tentara Myanmar.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi: Tentara Myanmar.
Foto:

Kantor berita berbahasa Burma mengutip militer yang mengatakan gedung itu telah digerebek setelah mendapat informasi bahwa bom rakitan sedang dibuat dan tiga lainnya juga telah ditangkap. Klaim tersebut tidak bisa dikonfirmasi dan seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Tapi, laporan tentang insiden tersebut telah mengejutkan banyak orang di Myanmar. Meme tentang peristiwa itu menjadi viral di media sosial termasuk salah satu yang menunjukkan lima siluet orang melompat dari gedung ke bidang bunga matahari kuning cerah.

Pemimpin protes dan aktivis Myanmar, Thinzar Shunlei Yi, mengatakan bahwa kelima orang itu tampaknya melompat daripada menghadapi kemungkinan penahanan atau penyiksaan jika tertangkap. "Jika mereka bisa melakukannya, mereka akan bebas. Jika mereka tidak bisa, mereka akan mati," katanya.

Menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, pasukan keamanan telah menewaskan sedikitnya 965 orang sejak kudeta. Junta telah membantah jumlah korban setinggi itu dan mengatakan bahwa banyak tentara juga tewas.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement