Jumat 13 Aug 2021 20:09 WIB

Respons Situasi Afganistan, NATO Gelar Pertemuan Darurat

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg akan memimpin langsung pertemuan darurat.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
NATO
Foto: [ist]
NATO

IHRAM.CO.ID, KABUL – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) merepons situasi terakhir di Afganistan. Sumber-sumber diplomatik dan pejabat NATO seperti dilaporkan Al Arabiya, organisasi itu akan menggelar pertemuan darurat. 

Masih menurut sumber yang dikutip Al Arabiya, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg akan memimpin langsung pertemuan darurat tersebut. Utusan dari 30 negara sekutu disebut bakal berpartisipasi di dalamnya.

Baca Juga

Belum ada keterangan spesifik tentang apa yang bakal dibahas dalam pertemuan itu. Saat ini Taliban sudah menguasai setidaknya sepuluh ibu kota provinsi Afghanistan. Wilayah yang direbut dari pasukan pemerintah diperkirakan masih bakal bertambah. Sebab Taliban terus melancarkan serangan.

Pemerintah Afghanistan sudah membujuk Taliban untuk kembali berunding. “Saya meminta Taliban menghentikan kebrutalan mereka. Duduklah dengan cinta dan kita harus menemukan solusi,” kata Menteri Dalam Negeri Afghanistan Jenderal Abdul Satar Mirzakwal pada Rabu (11/8), dikutip laman Al-Jazeera. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement