Selasa 17 Aug 2021 16:38 WIB

Kala Taliban Musuhi dan Perangi ISIS

Mullah Omar pernah keluarkan fatwa haram bagi anggota Taliban yang bergabung ke ISIS

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.pernah menjadi seteru Taliban
Foto:

Sumpah Taliban Pakistan kepada ISIS

Mullah Omar dan Taliban Afghanistan pantas sangat marah kepada ISIS. Pada awal Oktober 2014, Taliban Pakistan menyatakan kesetiaan kepada kelompok ISIS. 

Bahkan, Taliban Pakistan memerintahkan pasukannya untuk membantu militan ISIS untuk mendirikan kekhalifahan Islam global seperti dikabarkan Reuters pada Sabtu (4 Oktober 2014).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh kelompok jihad Taliban Pakistan, bersamaan dengan perayaan Idul Adha, di waktu setempat.

"Wahai saudara-saudara kami. Kami bangga padamu dalam kemenanganmu. Kami bersama dalam kebahagiaan dan kesedihanmu," ujar Juru Bicara Taliban Shahidullah Shahid yang dikirim ke Rueters melalui email dari lokasi yang tidak diketahui.

"Semua Muslim di dunia memiliki harapan besar dari Anda. Kami selalu bersama anda, kami akan menyediakan anda para Mujahidin (pejuang) dan setiap dukungan yang memungkinkan."

Pernyataan itu dirilis dalam bahasa Urdu, Pashto dan Arab. Dan, dikirim setelah militan ISIS memenggal pekerja bantuan Inggris Alan Henning dalam sebuah video. 

Anadolu Agency Turki melaporkan pada 14 Oktober 2014 bahwa ada enam komandan kunci Taliban Pakistan telah mengucapkan sumpah setia kepada ISIS. Keenam orang itu termasuk juru bicara Tehrik e Taliban, seorang konglomerat dari kelompok pemberontak Pakistan itu.

Shahidullah Shahid mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia bersama kelima komandan kunci Taliban lainnya telah berjanji setia kepada Baghdadi, khalifah dunia Muslim.

"Nama saya Abu Umer Maqbool Khurrasni dan orang-orang mengenal saya sebagai Shahidullah Shahid. Saya bersumpah demi Khaifah Muslim, Abu Bakar al-Baghdadi. Aku akan mendengarkan dan mengikuti perintahnya, apakah aku suka atau tidak menyukainya," demikian pernyataan sumpah Shahid.

Menurut pernyataan yang ditulis dalam bahasa Urdu itu, di dalamnya tercantum pula beberapa ayat-ayat Alquran. Kelima komandan yang menyatakan sumpah itu adalah Kepala Distrik Khyber Fateh Gul Zaman, Kepala ditrik Orakzai Saeed Khan, Kepala distrik Kurram Daulat Khan, Kepala distrik Peshawar Musfti Mohammad Hassan, Kepala distrik Hangu Khalid Mansoor.

Taliban melanggar sumpah anti-Barat dengan....

sumber : Reuters/Telegraph/Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement