Senin 23 Aug 2021 07:15 WIB

PBB Desak Tetangga Afghanistan Buka Perbatasan

Badan Pengungsi PBB mengungkapkan keprihatinan atas pelanggaran HAM di Afghanistan

Red: Nur Aini
PBB pada Jumat (20/8) menyerukan negara-negara tetangga Afghanistan untuk membuka perbatasan mereka mengingat krisis yang berkembang, menyebabkan jutaan orang terlantar dan berebut untuk melarikan diri dari bahaya di negara itu.

“Dari segi angka, kami mencatat 550.000 orang terlantar sejak Januari. Hingga akhir tahun lalu, kami memiliki catatan 2,9 juta orang terlantar,” kata Mantoo.

Dia mengatakan itu adalah perpindahan internal di dalam negeri. Namun selain itu, ada juga 2,6 juta pengungsi Afghanistan yang terdaftar di seluruh dunia, terutama di Iran dan Pakistan.

"UNHCR tetap prihatin dengan risiko pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga sipil dalam keadaan yang berkembang ini, termasuk perempuan dan anak perempuan.”

“Sampai hari ini, mereka yang mungkin dalam bahaya tidak memiliki jalan keluar yang jelas. UNHCR menyerukan kepada negara-negara tetangga Afghanistan untuk menjaga perbatasan mereka tetap terbuka mengingat krisis yang berkembang di Afghanistan.”

Mantoo mengatakan PBB berkomitmen untuk tinggal dan memberikan bantuan kepada orang-orang Afghanistan selama memiliki akses ke populasi yang membutuhkan dan “dapat memastikan keselamatan staf kami."

Baca juga : Nama Nabi Muhammad yang Tercantum di Kitab Agama Dunia

Pada 17 Agustus, badan pengungsi global ini telah menyerukan penghentian deportasi orang Afghanistan, termasuk pencari suaka, yang klaim mereka ditolak, dengan alasan keamanan negara yang cepat dan memburuknya kondisi HAM. Dalam kerangka kesepakatan antara AS dan Taliban yang dimulai tahun lalu, pasukan asing mulai menarik diri dari Afghanistan tahun ini.

Perjanjian tersebut memberikan syarat yang menetapkan tidak ada serangan terhadap pasukan asing, tetapi tidak ada ketentuan untuk serangan Taliban terhadap pasukan keamanan Afghanistan. Taliban menguasai Kabul tanpa perlawanan setelah Presiden Ashraf Ghani meninggalkan negara itu pada 15 Agustus.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pbb-desak-tetangga-afghanistan-buka-perbatasan-bagi-pencari-suaka/2342044
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement