Kamis 26 Aug 2021 16:18 WIB

Orang Tua Nigeria Jual Semua Harta demi Tebusan

Penculikan anak massal marak di Nigeria.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Orang Tua Nigeria Jual Semua Harta demi Tebusan. Anak-anak bermain dan menjual bahan makanan kecil di jalan di kota Jangebe, di mana lebih dari 300 gadis diculik oleh pria bersenjata pada hari Jumat di Sekolah Menengah Pertama Gadis Pemerintah, di negara bagian Zamfara, Nigeria utara Sabtu, 27 Februari 2021. Nigeria polisi dan militer telah memulai operasi gabungan untuk menyelamatkan lebih dari 300 gadis yang diculik dari sekolah asrama, menurut juru bicara polisi.
Foto:

"Ini adalah industri yang paling berkembang, paling menguntungkan di Nigeria," katanya kepada Reuters.  

Penculikan telah menjadi pilihan karier yang menggiurkan bagi para pemuda di saat ekonomi terpuruk, inflasi dua digit, dan pengangguran 33 persen. “Dari Desember, kami melihat kotak pandora terbuka. Mereka melihat itu mungkin. Mereka melihat tidak ada yang terjadi pada para penyerang,” kata Bukarti.

Pada Desember, orang-orang bersenjata menculik 344 anak laki-laki dari Sekolah Menengah Ilmu Pemerintah di negara bagian Katsina di barat laut selama serangan malam hari. Para penculik membebaskan anak-anak itu seminggu kemudian, tetapi hal itu memicu serentetan penculikan serupa di seluruh wilayah.

Para bandit mengambil satu halaman dari kelompok militan Boko Haram, yang menangkap lebih dari 200 siswi dari kota timur laut Chibok pada 2014. Kelompok itu memiliki tujuan ideologis dan memaksa beberapa gadis menikah dengan bandit. Para penculik bersenjata dimotivasi oleh uang.

Masalah hidup dan mati

Penculikan itu telah menambah tekanan pada Presiden Buhari yang berjanji mengatasi ketidakamanan pada pelantikannya pada 2019. Mereka juga telah menguji layanan keamanan. Militer diadu dengan para penculik di barat laut, pemberontak di timur laut, separatis di tenggara dan kecepatan di Delta akan menguasai setidaknya 30 dari 36 negara bagian Nigeria.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement