Rabu 08 Sep 2021 20:38 WIB

Ini Enam Tokoh Kunci dalam Pemerintahan Taliban

Sirajuddin Haqqani ditunjuk sebagai menteri dalam negeri.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam foto tak bertanggal ini dari lokasi yang tidak diketahui, dirilis pada 2016, pemimpin Taliban Afghanistan Mawlawi Hibatullah Akhundzada berpose untuk dipotret. Taliban telah merebut kekuasaan di Afghanistan dua minggu sebelum AS akan menyelesaikan penarikan pasukannya setelah perang dua dekade yang memakan biaya.
Foto:

2.     Abdul Ghani Baradar

Baradar menjabat sebagai wakil perdana menteri. Dia pernah menjadi teman dekat Mullah Omar, yang memberinya nom de guerre, "Baradar" atau "saudara". Dia menjabat sebagai wakil menteri pertahanan ketika Taliban terakhir memerintah Afghanistan pada 1996-2001.

Menurut keterangan sanksi PBB, setelah jatuhnya pemerintahan Taliban, Baradar menjabat sebagai komandan militer senior yang bertanggung jawab atas serangan terhadap pasukan koalisi.

Dia ditangkap dan dipenjarakan di Pakistan pada 2010. Setelah dibebaskan pada 2018, dia mengepalai kantor politik Taliban di Doha, Qatar. Baradar menjadi salah satu tokoh paling menonjol dalam pembicaraan damai dengan Amerika Serikat (AS).

3.     Amir Khan Muttaqi

Mutaqqi diberi posisi sebagai menteri luar negeri. Pada masa pemerintahan sebelumnya, dia menjabat sebagai menteri kebudayaan dan informasi serta menteri pendidikan. Muttaqi kemudian dikirim ke Qatar dan ditunjuk sebagai anggota komisi perdamaian dan tim negosiasi yang mengadakan pembicaraan dengan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement