Rabu 08 Sep 2021 20:38 WIB

Ini Enam Tokoh Kunci dalam Pemerintahan Taliban

Sirajuddin Haqqani ditunjuk sebagai menteri dalam negeri.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam foto tak bertanggal ini dari lokasi yang tidak diketahui, dirilis pada 2016, pemimpin Taliban Afghanistan Mawlawi Hibatullah Akhundzada berpose untuk dipotret. Taliban telah merebut kekuasaan di Afghanistan dua minggu sebelum AS akan menyelesaikan penarikan pasukannya setelah perang dua dekade yang memakan biaya.
Foto:

4.     Mullah Yaqoob

Yaqood mengisi posisi sebagai menteri pertahanan. Dia adalah putra pendiri Taliban, Mullah Omar. Yaqoob awalnya berusaha untuk menggantikan ayahnya pada tahun 2015. Dia keluar dari rapat dewan yang menunjuk pengganti ayahnya, Mullah Akhtar Mansour, tetapi akhirnya berdamai.

Masih di awal usia 30-an dan tanpa pengalaman tempur yang panjang dari komandan medan perang utama Taliban, dia memerintahkan kesetiaan sebagian gerakan di Kandahar karena prestise nama ayahnya.

Tahun lalu, dia ditunjuk sebagai kepala keseluruhan komisi militer Taliban. Meskipun dianggap relatif moderat oleh beberapa analis Barat, para komandan Taliban mengatakan Yaqoob termasuk di antara para pemimpin yang mendesak kampanye militer terhadap kota-kota dalam beberapa minggu sebelum jatuhnya Kabul.

5.     Sirajuddin Haqqani

Haqqani menjabat sebagai menteri dalam negeri.  Dia adalah pendiri jaringan “Haqqani” yang diklasifikasikan sebagai kelompok teroris oleh AS. Haqqani merupakan salah satu orang yang paling dicari FBI karena keterlibatannya dalam serangan bunuh diri dan kaitannya dengan al-Qaeda.

6.     Zabihullah Mujahid

Dia ditunjuk sebagai deputi menteri penerangan. Sebelumnya, dia menjabat sebagai juru bicara Taliban selama lebih dari satu dekade. (Reuters/Kamran Dikarma)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement