Jumat 17 Sep 2021 12:17 WIB

WHO Tangguhkan Perizinan Vaksin Sputnik V Rusia

WHO telah menyuarakan kekhawatiran tentang kemungkinan kontaminasi di pabrik.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Dosis vaksin Sputnik V yang dikembangkan Rusia.
Foto:

Menurut Jarbas, produsen vaksin perlu mempertimbangkan ini dan membuat perubahan yang diperlukan dan siap untuk inspeksi baru. "WHO sedang menunggu produsen untuk mengirim berita bahwa pabrik sudah memenuhi standar," tambahnya.
 
WHO sebelumnya telah menyuarakan kekhawatiran tentang kemungkinan kontaminasi silang dan tidak memadainya selama inspeksi di pabrik manufaktur Sputnik V di Ufa.
 
Pada bulan Juni, perusahaan yang mengelola pabrik, Pharmstandard, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa inspeksi sementara WHO tidak mengidentifikasi masalah kritis.
 
"Kami mengundang WHO untuk inspeksi lagi. Kami tetap sepenuhnya transparan dan akan melanjutkan proses pra-kualifikasi WHO," katanya.
 
Pada hari Rabu, Barbosa mengkonfirmasi bahwa Sputnik V harus menunggu persetujuan hingga pemeriksaan baru dapat dilakukan.
 
"Setiap produsen vaksin yang ingin disetujui oleh WHO harus menyerahkan semua informasi tentang kualitas dan proses pembuatannya," kata Barbosa.
 
Mereka perlu membuktikan bahwa situs dan tempat vaksin diproduksi, sesuai dengan praktik terbaik. Mendapatkan persetujuan dari WHO akan menjadi kesuksesan besar bagi Rusia, dan juga dapat memfasilitasi perjalanan jutaan warga Rusia yang divaksinasi.
 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement