Senin 18 Oct 2021 07:23 WIB

Israel Dinilai Abai Beri Jaminan Keamanan Warga Palestina

Warga Palestina alami tindak kejahatan dan ketidakdilan hukum oleh otoritas Israel.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
 Pasukan keamanan Israel memeriksa identitas warga Palestina saat mereka mengantre dalam perjalanan kembali ke kota Jenin, Tepi Barat, melalui celah di pagar keamanan, dekat desa Israel Muqabla, 06 September 2021. Sejumlah tahanan keamanan melarikan diri dari Penjara Gilboa, kata Kantor Perdana Menteri Israel pada 06 September.
Foto:

Dosen senior dalam politik Timur Tengah di Universitas Kent, Yaniv Voller,

mengatakan, masalah kekerasan dalam masyarakat Palestina telah menjadi persoalan jangka panjang, jauh sebelum mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berkuasa selama 12 tahun. Para pemimpin Arab kerap meminta Israel untuk mengatasi masalah kekerasan tersebut. Tetapi otoritas Israel tidak tertarik untuk bekerja sama dengan pihak berwenang terutama polisi.

 “Dan semua pemerintah telah mengabaikannya, terutama karena menangani kekerasan di masyarakat Arab (Palestina) membutuhkan sumber daya yang besar, tetapi juga menimbulkan potensi bentrokan lain antara pihak berwenang dan warga Arab,” kata Voller.

Pada 2020 menandai tahun rekor kematian warga Palestina akibat kekerasan, yaitu mencapai 96. Jumlah tersebut semakin meningkat pada 2021. Pada awal tahun 2021, sekitar 100 warga Palestina telah dibunuh.

Kekerasan dan pembunuhan seringkali disebabkan oleh konflik antar geng. Lustick mengatakan, otoritas Israel melihat kekerasan di antara warga Palestina sebagai masalah keamanan yang ditangani oleh dinas intelijen, Shin Bet, dan bukan polisi.

Seruan untuk melibatkan Shin Bet dalam mengatasi masalah kekerasan di kalangan warga Palestina mungkin tidak terlalu membantu. Menurut Voller, solusi paling cepat adalah meningkatkan anggaran program pencegahan kejahatan, memperkuat polisi dan mencoba mengumpulkan senjata, yang tersebar luas di masyarakat Arab.  

Namun, program tersebut tidak dapat berhasil dalam jangka panjang tanpa membangun kepercayaan antara pihak berwenang dan masyarakat Arab.  Tidak ada solusi tanpa kerja sama dengan masyarakat dengan pihak berwenang, baik dalam penegakan hukum maupun pendidikan. Solusi lainnya adalah pemerintahan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett harus memiliki kepentingan bersama dalam memecahkan masalah ini.

 “Koalisi, pada semua komponennya, ingin menyelesaikan masalah.  Ini termasuk elemen sayap kanan yang memahami bahwa kekerasan dalam masyarakat Arab tidak hanya terbatas pada desa-desa dan kota-kota Arab.  Perbedaannya terutama dalam pendekatan, dengan elemen sayap kanan mendorong lebih banyak penggunaan penegakan hukum, termasuk Shabak dan polisi, dengan mengorbankan tindakan lain, ”kata Voller.

Salah satu anggota koalisi ini adalah partai Arab, Ra'am, yang berkomitmen pada hak-hak minoritas Palestina. Voller mengatakan, Ra’am adalah kunci untuk mencoba memecahkan masalah kekerasan kriminal di masyarakat Arab.  Melalui negosiasi untuk bergabung dengan koalisi, Ra'am telah mengalokasikan anggaran dan kepemimpinannya menyatakan dukungan vokal untuk intervensi pemerintah.

Ra'am tidak dapat bergerak sendirian untuk membawa perubahan. Voller mengatakam, Ra'am membutuhkan kolaborasi lebih besar dengan otoritas Palestina setempat. Namun banyak yang tidak mendukung Ra'am.

"Tingkat saling percaya saat ini rendah.  Namun, faktanya, warga Arab dan pemimpin politik memprotes kelambanan pemerintah, yang berarti mereka masih memiliki harapan dan harapan bahwa situasi dapat berubah.  Di sinilah, dalam membangun kembali kepercayaan, Ra'am bisa muncul," kata Voller.

Sebelumnya Bennett mengungkapkan rencana baru untuk memerangi kejahatan di komunitas Palestina. Bennett mengatakan, pemerintahannya bertekad untuk mengambil tindakan tegas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement