Selasa 23 Nov 2021 17:42 WIB

Pengungsi Rohingya di Bangladesh Dambakan Lanjut Sekolah

Para pemuda Rohingya berharap dapat melanjutkan sekolahnya yang terputus

Para pemuda Rohingya berharap dapat melanjutkan sekolahnya yang terputus.

Pemulangan dan Pendidikan di Negara Asal

Para analis dan otoritas Bangladesh mengatakan pemulangan warga Rohingya yang damai dan bermartabat adalah solusi terbaik untuk krisis tersebut.

“Para pemimpin dunia harus maju untuk mendirikan universitas yang baik dan beberapa lembaga pendidikan standar menengah dan tinggi di negara bagian Rakhine, karena hampir 600.000 Rohingya dan komunitas lain masih tinggal di sana,” kata Imtiaz Ahmed, seorang profesor hubungan internasional dan direktur di Pusat Studi Genosida di Universitas Dhaka, kepada Anadolu Agency.

Dia mengatakan jika para pemimpin dunia mampu memaksa Naypyidaw untuk mengambil kembali warganya dengan memberikan hak dan martabat, orang-orang yang dianiaya akan didorong untuk kembali ke negara asal mereka Myanmar. "Tidak terduga bahwa komunitas internasional telah gagal memberikan tekanan yang semestinya pada Myanmar untuk memastikan fasilitas pendidikan tinggi bagi semua warganya tanpa memihak," tambah Ahmed.

Dia mengatakan Bangladesh telah menunjukkan contoh yang bagus dalam membantu orang-orang tak berdaya di negara tetangganya. "Sekarang komunitas internasional harus mengambil tanggung jawab untuk memastikan pendidikan tinggi bagi orang Rohingya," kata dia.

Menteri Luar Negeri Bangladesh AK Abdul Momen mengatakan kepada media lokal pada Sabtu bahwa setelah PBB mengadopsi resolusi tentang krisis Rohingya dan pemulangan damai ke negara asal mereka, telah terbukti bahwa semua negara sepakat tentang perlunya repatriasi secara damai warga Rohingya.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Menlu Bangladesh juga mengatakan bahwa masyarakat internasional harus menekan Myanmar untuk pemulangan damai warga Rohingya ke negara asal mereka dan mereka dapat memobilisasi sumber daya untuk mengembangkan fasilitas di negara bagian Rakhine.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/para-pengungsi-rohingya-di-bangladesh-dambakan-lanjut-sekolah-tinggi/2427885
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement