Selasa 23 Nov 2021 17:42 WIB

Pengungsi Rohingya di Bangladesh Dambakan Lanjut Sekolah

Para pemuda Rohingya berharap dapat melanjutkan sekolahnya yang terputus

Para pemuda Rohingya berharap dapat melanjutkan sekolahnya yang terputus.

Fasilitas Pendidikan Tinggi untuk Pemuda Rohingya

Berbicara kepada Anadolu Agency, Khin Maung, pendiri dan direktur eksekutif Organisasi Pemuda Rohingya (RYO) yang berbasis di Cox's Bazar, mengatakan komunitas internasional dapat bekerja sama dengan pemerintah Bangladesh mengembangkan fasilitas pendidikan tinggi untuk Rohingya.

“Pendidikan adalah hak asasi manusia, begitu juga untuk semua orang. Pendidikan tinggi diperlukan bagi siswa Rohingya karena itu adalah impian mereka. Setiap siswa memiliki impian tertentu dalam hidup. Misalnya, seseorang ingin menjadi dokter, maka dia atau dia harus menyelesaikan studi yang lebih tinggi," kata Maung.

Mengacu pada pendidikan sebagai hak dasar setiap warga negara, dia menambahkan bahwa pendidikan adalah tulang punggung suatu bangsa, dan tanpa pendidikan yang tinggi dan berkualitas, sangat sulit untuk bertahan hidup.

Negara-negara maju harus memberikan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa Rohingya sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai negara, jelas dia. Maung menambahkan bahwa PBB dapat membantu membujuk negara-negara anggotanya untuk menyetujui peluang beasiswa bagi mahasiswa Rohingya di universitas negara masing-masing.

Dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Bangladesh atas kemurahan hatinya dan sudah menampung lebih dari satu juta orang Rohingya selama bertahun-tahun.

“Ada banyak universitas swasta di Bangladesh, jadi sangat mudah bagi pemerintah untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi bagi warga Rohingya jika mereka mau,” imbuh dia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/para-pengungsi-rohingya-di-bangladesh-dambakan-lanjut-sekolah-tinggi/2427885
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement