Jumat 26 Nov 2021 05:04 WIB

Senjata Mematikan Iran yang Mesti Ditakuti Oleh Israel

Iran berulangkali menyatakan tak gentar atas ancaman yang dilancarkan oleh Israel.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam foto file ini dirilis 16 Januari 2021, oleh Pengawal Revolusi Iran, sebuah rudal diluncurkan dalam sebuah latihan di Iran. Upaya awal pemerintahan Biden untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 mendapat tanggapan awal yang dingin dari Teheran. Meskipun hanya sedikit yang mengharapkan terobosan di bulan pertama pemerintahan baru, garis keras Iran menunjukkan jalan yang sulit di depan.
Foto:

4. Pasukan Hizbullah

Selain senjata, Iran memiliki dukungan kuat dari Hizbullah. Berkali-kali Hizbullah telah terbukti menjadi senjata perang yang paling serbaguna dan dapat digunakan di gudang senjata Iran.

Seringkali, Iran menggunakan Hizbullah untuk melakukan serangan teroris tradisional. Contoh saja pengeboman 1994 terhadap pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires, Argentina.

Nilai terbesar Hizbullah bagi Iran mungkin adalah jangkauan operasionalnya. Sementara Pasukan Qud Teheran sering berjuang untuk melakukan serangan di luar Timur Tengah, Hizbullah tidak menunjukkan batasan seperti itu.

Pada awal 2012, operator Iran yang bekerja untuk Pasukan Qud mencoba menyerang sasaran Israel di tempat-tempat seperti India, Georgia, Thailand, dan Kenya sebagai pembalasan atas dugaan pembunuhan ilmuwan Iran oleh Israel. Setelah upaya Pasukan Quds yang gagal, Iran beralih ke Hizbullah, yang berhasil menyerang turis Israel di Bulgaria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement