Sabtu 27 Nov 2021 00:04 WIB

Varian Botswana: Efektivitas Vaksin Bisa Turun 40 Persen

Varian Botswana diprediksi bisa turunkan efektivitas vaksin hingga 40 persen.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Varian Botswana alias varian  B.1.1.529 memiliki 32 mutasi yang dinilai mengkhawatirkan dan bisa menurunkan efektivitas vaksin Covid-19.
Foto:

Dr Hopkins mengatakan, sebagian mutasi yang dimiliki varian B.1.1.529 sudah pernah terlihat sebelumnya. Akan tetapi, sebagian lainnya merupakan mutasi baru yang belum pernah diketahui peneliti.

"Jadi kami tidak tahu bagaimana mereka berinteraksi secara umum," timpal Dr Hopkins.

Total kasus varian B.1.1.529 saat ini masih di bawah 100 kasus. Akan tetapi , karena mutasinya yang kompleks, banyak ahli merasa khawatir terhadap kemunculan B.1.1.529.

"Para ilmuwan kami sangat mengkhawatirkan varian ini," ungkap Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid.

Menurut Javid, varian B.1.1.529 memiliki risiko bagi kesehatan masyarakat. Selain itu, dia juga menyebut varian baru ini memiliki kemungkinan besar untuk menyebar ke negara-negara lain.

"Kami belum mendeteksi varian baru ini di Inggris saat ini, tapi kami pastikan bahwa kami akan mengambil tindakan untuk melindungi kemajuan (penanggulangan Covid-19) yang sudah kami buat," ungkap Javid.

Sejauh ini, varian B.1.1.529 baru ditemukan di empat negara. Meski begitu, Inggris telah menerbitkan aturan pelarangan penerbangan baru dari enam negara, yaitu Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, dan Botswana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement