Sabtu 04 Dec 2021 01:00 WIB

Pakai Istilah Netral Gender, Organisasi Bidan Mengaku Salah

Organisasi Kebidanan Inggris pakai istilah "postnatal people" alih-alih "mothers".

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Royal College of Midwives sama sekali tidak menyebut perempuan dalam sarannya mengenai panduan tidur yang aman bagi bayi baru lahir. Organisasi kebidanan Inggris itu menyebut istilah yang netral gender alih-alih ibu.
Foto:

Royal College of Midwives yang memiliki 48 ribu anggota di Inggris itu langsung menghapus file dari situs webnya. Organisasi kebidanan tersebut mengakui kesalahannya.

"Kami ingin meminta maaf bahwa perempuan tidak disebutkan dalam panduan kami mengenai tidur yang lebih aman baru-baru ini. Ini adalah kelalaian besar. Kami telah menghapusnya dari situs web kami, sementara kami merevisi dan memperbaiki kelalaian ini," kata perwakilan Royal College of Midwives, Dr Mary Ross-Davie, dilansir The Sun pada Jumat (3/12).

Ross-Davie langsung mengklarifikasi panduan yang telanjur jadi buah perbincangan di dunia maya itu. Ia menekankan maksud istilah "orang yang baru melahirkan" itu ialah ibu.

"Kami berbicara tentang ibu, maternal, dan perempuan dalam panduan ini serta orang tua, keluarga, pengasuh, dan orang-orang yang baru melahirkan," ucap Ross-Davie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement