Senin 06 Dec 2021 13:46 WIB

Omicron Menyebar di Sepertiga Negara AS

Namun, varian Delta masih menjadi kasus Covid-19 mendominasi di AS.

Varian Omicron telah menyebar ke sekitar sepertiga dari seluruh negara bagian Amerika Serikat (AS).
Foto:

Pada Sabtu (4/12), otoritas Louisiana mengatakan, sebuah kapal pesiar milik Norwegian Cruise Line Holdings Ltd yang akan berlabuh di New Orleans dengan lebih dari 3.000 penumpang menemukan 10 penumpang yang terjangkit COVID-19 di dalamnya. Para pejabat mengatakan, penumpang di kapal Norwegian Breakaway, yang berhenti di Belize, Honduras dan Meksiko, akan dites serta diberikan panduan pascapaparan dan menjalani karantina dari CDC.

Munculnya varian baru Omicron telah secara tajam membatasi jumlah para eksekutif bidang energi dan menteri pemerintahan yang berencana menghadiri Kongres Perminyakan Dunia (WPC) selama empat hari di Houston pekan ini, yang telah dijadwal ulang dari sebelumnya pada 2020. Namun, pembatasan perjalanan dan kekhawatiran atas varian Omicron membuat para menteri energi -- dari Arab Saudi, Kazakhstan, Qatar, Argentina, Guinea Ekuator, Yunani, Turki dan Rumania, batal hadir.

Gubernur dua negara bagian AS dengan laporan kasus Omicron, Connecticut dan Colorado, mengatakan, mereka mengharapkan tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dari rata-rata dapat mengurangi dampak masuknya varian baru tersebut. 

"Kami ingin melihat seberapa baik vaksinasi dapat bertahan," kata Gubernur Colorado Jared Polis, kepada ABC.

Ketika kasus varian Omicron muncul di AS, perusahaan-perusahaan pembuat vaksin COVID-19 dengan cepat bermaksud untuk mengubah bidikan mereka untuk menyasar pembuatan vaksin khusus varian baru itu. Selain itu, badan-badan regulator AS telah berjanji akan melakukan peninjauan dengan cepat, tetapi langkah itu masih memakan waktu berbulan-bulan.

"Tentu saja, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan) akan bergerak cepat dan CDC pun akan bergerak cepat," kata Direktur CDC Walensky.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement