Sabtu 11 Dec 2021 10:59 WIB

Korsel Laporkan Lonjakan Kasus Covid-19 Terburuk Selama Pandemi

Pelonggaran pembatasan dan varian lebih menular buat lonjakan kasus Covid di Korsel

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Orang-orang menunggu untuk mendapatkan pengujian virus corona di tempat pengujian darurat di Seoul, Korea Selatan. Pelonggaran pembatasan dan varian lebih menular buat lonjakan kasus Covid di Korsel. Ilustrasi.
Foto:

Para pejabat mengatakan lebih dari 1.200 pasien Covid-19 di wilayah ibu kota yang lebih besar membutuhkan rawat inap terpaksa menunggu di rumah pada Jumat pagi. Kondisi ini terjadi karena rumah sakit kekurangan tempat tidur.

Para pejabat telah mengubah kebijakan tanggapan medis mereka sehingga sebagian besar kasus ringan dapat dirawat di rumah. Sementara sekitar 20.500 menerima perawatan di rumah, beberapa kelompok dokter mengatakan pendekatan baru ini membahayakan nyawa.

Kim mengatakan pemerintah juga akan mempercepat pemberian suntikan vaksin dengan memperpendek interval antara suntikan vaksin kedua dan ketiga. Jarak antar suntikan empat atau lima bulan saat ini menjadi tiga bulan mulai pekan depan.

Sekitar 41,5 juta orang atau 81 persen dari populasi lebih dari 51 juta, telah divaksinasi lengkap. Akan tetapi baru 10 persen yang menerima suntikan booster.

"Jika menjadi jelas bahwa kami tidak berhasil membalikkan situasi krisis ini dalam beberapa hari ke depan, pemerintah tidak akan punya pilihan lain selain menggunakan langkah-langkah anti-virus yang luar biasa, termasuk jarak sosial yang kuat," kata Kim.

Aturan baru yang diberlakukan pekan ini melarang pertemuan pribadi tujuh orang atau lebih di wilayah ibu kota yang lebih besar. Pemerintah mengharuskan orang dewasa untuk memverifikasi status vaksinasi di restoran dan tempat-tempat dalam ruangan lainnya. Namun Kim menyebut langkah-langkah seperti itu belum menunjukkan efek dalam memperlambat transmisi.

Wakil Menteri Kesehatan Lee Ki-il mengatakan dapat mengurangi batas pertemuan sosial dan memulihkan pembatasan jam kerja di restoran dan bar yang dicabut pada November jika keadaan terus terlihat buruk pekan depan. "Kami akan mencoba yang terbaik untuk menghindari lockdown," kata Lee.

Korea Selatan juga telah memperketat perbatasannya untuk menangkis varian Omicron baru sejak mengidentifikasi kasus pertamanya pekan lalu yang terkait dengan kedatangan dari Nigeria. KDCA mengatakan petugas kesehatan mengonfirmasi tiga infeksi Omicron lagi pada Jumat, sehingga jumlahnya menjadi 63.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement