Ahad 12 Dec 2021 13:26 WIB

Tornado Terjang Negara Bagian Kentucky, Bangunan Hancur

Rumah, bangunan, dan banyak bisnis hancur terdampak tornado.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Tornado menerjang negara bagian  Kentucky, Amerika Serikat (AS), Sabtu (11/12) waktu setempat.
Foto:

Beshear mengatakan 189 personel Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu pemulihan wilayah terdampak. Upaya penyelamatan sebagian besar akan difokuskan di Mayfield, rumah bagi sekitar 10 ribu orang di sudut barat daya negara bagian yang dekat dengan Illinois, Missouri dan Arkansas.

Video dan foto di media sosial menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield rata dengan tanah. Mobil yang diparkir juga terlihat hampir terkubur di bawah puing-puing. Menara di gedung pengadilan Graves County yang bersejarah runtuh dan Gereja First United Methodist di dekatnya juga runtuh.

Kepala Pemadam Kebakaran Mayfield Jeremy Creason, yang stasiunnya sendiri dihancurkan, mengatakan pabrik lilin itu menjadi tumpukan logam, baja, dan mesin yang bengkok. Dia mengatakan, pihaknya terkadang harus merangkak di atas korban untuk menyelamatkan korban yang masih hidup.

Salah satu warga, Paige Tingle mengatakan dia berkendara empat jam ke lokasi dengan harapan menemukan ibunya yang berusia 52 tahun, Jill Monroe, yang bekerja di pabrik dan terakhir terdengar pada pukul 21.30. "Kami tidak tahu bagaimana perasaan kami, kami hanya berusaha menemukannya," katanya. "Ini adalah bencana di sini."

Asal usul wabah tornado adalah serangkaian badai petir yang terjadi semalaman, termasuk badai sel super yang terbentuk di timur laut Arkansas. Badai itu bergerak dari Arkansas dan Missouri dan ke Tennessee dan Kentucky.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement