Sabtu 18 Dec 2021 19:45 WIB

China Tekan Perusahaan Jerman Setop Gunakan Komponen Lithuania

Tekanan ini sebagai respons atas sikap Lithuania yang memberi akses ke Taiwan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden China Xi Jinping.
Foto:

China telah menekan beberapa negara agar menurunkan atau memperburuk hubungan mereka dengan Taiwan yang dikelola secara otonomi. Pada awal bulan ini salah satu petinggi pemerintah dan industri mengatakan China meminta perusahaan-perusahaan multinasional untuk memperlemah hubungannya dengan Lithuania atau tidak dapat mengakses pasar China.

Pasar langsung Lithuania ke China biasa saja. Tapi ratusan perusahaan Lithuania mengekspor produk-produk mereka seperti furnitur, laser, makan dan baju ke perusahaan multinasional yang menjualnya ke China.

"Perusahaan-perusahaan di Lithuania telah berhasil mengintegrasikan diri mereka sendiri ke rantai pasokan internasional, sehingga tekanan ekonomi China mungkin menciptakan berbagai disrupsi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Lithuania," kata Kementerian Luar Negeri Lithuania.

"Kami memantau dengan sesama, menganalisis dan mengevaluasi setiap kasus, termasuk perusahaan-perusahaan Jerman, (kami) mencari solusi jangka panjang dan cara untuk mengembalikan arus perdagangan dengan China," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement