Ahad 20 Feb 2022 00:02 WIB

WHO: Kondisi Saat Ini Cukup Ideal untuk Kemunculan Varian yang Lebih Menular

WHO mengingatkan dunia untuk mewaspadai kemunculan varian lain yang lebih menular.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Reiny Dwinanda
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan masyarakat dunia untuk tetap waspada akan kemunculan varian virus penyebab Covid-19 yang lebih menular dan berbahaya.
Foto:

Di sisi lain, menurut Ghebreyesus, dunia bisa mengakhiri pandemi Covid-19 sebagai darurat kesehatan global tahun ini. Ia menyebut, dunia kini punya alat dan tahu cara mengakhiri pandemi.

photo
Son of Omicron atau BA.2. - (Republika)

Ghebreyesus pun meminta semua negara untuk menalangi kesenjangan pembiayaan mendesak sebesar 16 miliar dolar AS (sekitar Rp 229,9 miliar) untuk Access to Covid-19 Tools (ACT) Accelerator agar vaksin, tes, perawatan, dan peralatan pelindung diri tersedia secara global. ACT-Accelerator didirikan pada April 2020, selang beberapa pekan setelah pandemi diumumkan, untuk mempercepat pengembangan dan akses terhadap tes, perawatan, dan vaksin Covid-19.

Inisiatif solidaritas vaksin global COVAX adalah salah satu dari empat pilarnya. Ghebreyesus menyebut, dibandingkan dengan biaya satu tahun lagi gejolak ekonomi, 16 miliar dolar tidaklah seberapa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement