Sabtu 05 Mar 2022 06:40 WIB

Mencoba ke Negara Tetangga, Pengungsi Ukraina Berhadapan dengan Penyelundup

Pengungsi dari Ukraina menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan perdagangan manusia.

Rep: Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda
Pengungsi yang melarikan diri dari konflik dari negara tetangga Ukraina keluar dari tenda di perbatasan Rumania-Ukraina, di Siret, Rumania, Kamis, 3 Maret 2022. Pengungsi Ukraina menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan perdagangan manusia.
Foto:

Relawan dari lembaga swadaya masyarakat mengatakan, penting untuk segera menerapkan langkah-langkah antiperdagangan manusia. Kekhawatiran kian meningkat bahwa ratusan orang Ukraina berisiko dieksploitasi oleh para penyelundup.

Lebih dari satu juta orang Ukraina telah melintasi perbatasan. Uni Eropa mengatakan bahwa tujuh juta orang kemungkinan besar akan mengungsi akibat invasi Rusia tersebut.

photo
Timeline invasi Rusia ke Ukraina - (Tim infografis Republika)

Rakyat Ukraina banyak yang telah melintasi perbatasan dan sekarang berada di negara-negara sekitarnya, seperti Polandia, Rumania, Hungaria, Moldova, dan Slovakia. Sementara itu, beberapa tetap terjebak di perbatasan Ukraina.

Mereka masih berjuang untuk bisa meninggalkan negara yang tengah berperang itu. Seorang siswa berusia 23 tahun yang saat ini terdampar di Sumy, sebuah kota di timur laut Ukraina, mengatakan bahwa dia telah menjadi sasaran penyelundup yang menawarkan perjalanan yang aman ke Polandia dengan imbalan 500 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement