Selasa 19 Apr 2022 16:05 WIB

Putin: Sanksi Barat Gagal Jatuhkan Rusia

Sanksi yang diberkan pada Rusia menjadi bumerang bagi Amerika Serikat dan Eropa

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan deretan sanksi Barat gagal untuk menjatuhkan Rusia.
Foto:

Barat telah membekukan cadangan emas dan valas Rusia sekitar 300 miliar dolar AS dari total sekitar 640 miliar dolar AS. Nabiullina mengatakan, sanksi Barat telah mempengaruhi pasar keuangan, tetapi sekarang sanksi akan mulai semakin mempengaruhi perekonomian.

Nabiullina mengatakan, masalah utama ekonomi akan terkait dengan pembatasan impor dan logistik perdagangan luar negeri. Dia mengatakan, perusahaan Rusia perlu beradaptasi.

“Produsen Rusia perlu mencari mitra baru, logistik, atau beralih ke produksi produk generasi sebelumnya. Eksportir perlu mencari mitra baru dan pengaturan logistik dan semua ini akan memakan waktu," kata Nabiullina.

Nabiullina mengatakan, bank sentral sedang mempertimbangkan untuk membuat penjualan valas oleh eksportir menjadi lebih fleksibel. Pada Februari, Rusia memerintahkan perusahaan pengekspor, termasuk beberapa produsen energi terbesar dunia dari Gazprom hingga Rosneft, untuk menjual 80 persen pendapatan valas mereka di pasar. Karena kemampuan bank sentral untuk campur tangan di pasar mata uang terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement