Jumat 29 Apr 2022 03:55 WIB

AS dan Rusia Bertukar Tahanan

Marinir AS Trevor Reed dibebaskan dengan imbalan pilot Rusia, Konstantin Yaroshenko.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Foto poster veteran Korps Marinir AS dan tahanan Rusia Trevor Reed berdiri di Taman Lafayette dekat Gedung Putih, 30 Maret 2022, di Washington.
Foto:

Pertukaran itu terjadi di Turki. Amerika Serikat berterima kasih kepada Turki atas bantuannya dalam pertukaran itu.  Kantor berita Rusia melaporkan bahwa, Yaroshenko terbang dari Ankara ke Sochi dan akhirnya ke Moskow. Saluran berita nasional Rusia, Rossiya 1, menunjukkan video Yaroshenko sedang dipeluk oleh istri dan putrinya, yang menyambutnya dengan gembira di landasan di bandara Moskow.  

Video televisi pemerintah Rusia yang diputar di CNN, menunjukkan Reed,l tampak kurus dan mengenakan mantel berwarna gelap. Dia didampingi oleh pria yang mengenakan kamuflase.  Media pemerintah Rusia menggambarkan video tersebut sebagai Reed di sebuah bandara di Rusia.

"Dia terlihat mengerikan bagi kami. Sebagai orang tuanya, kami tahu dia tidak terlihat sehat," kata Paula Reed kepada CNN di luar rumah mereka di Granbury, Texas.

"Pesawat Amerika berhenti di sebelah pesawat Rusia, dan mereka mengantar kedua tahanan seperti yang Anda lihat di film-film," kata Joey Reed kepada CNN.  

Biden bertemu dengan Joey dan Paula Reed pada 30 Maret. Orang tua Reed mengatakan, pertukaran tahanan menjadi satu-satunya cara untuk membawa Reed pulang. Mereka mendesak Gedung Putih mengerahkan segala upaya untuk membawa pulang Trevor Reed. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan, proses pertukaran tahanan melalui negosiasi yang panjang. Kantor berita Rusia melaporkan, pada 4 April Reed telah mengakhiri mogok makan dan dirawat di pusat medis penjaranya. Layanan penjara mengatakan, Reed melakukan mogok makan pada 28 Maret untuk memprotes tindakan disipliner terhadapnya.

 

Orang tua Reed mengatakan, pada saat itu putranya tertular tuberkulosis dari narapidana lain pada Desember. Sementara layanan penjara mengatakan, Reed telah berulang kali dites negatif untuk tuberkulosis.  

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement