Rabu 01 Jun 2022 10:03 WIB

Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Belanda, Denmark dan Jerman

Rusia memutus pasokan gas ke Belanda, Denmark dan Jerman sebagai aksi balasan

Perusahaan gas Rusia, Gazprom mengatakan akan mematikan pasokan ke beberapa negara
Foto:

Aliran gas Rusia ke Jerman melalui pipa Nord Stream turun pada Selasa (31/5/2022) yang menurut para analis kemungkinan karena terputusnya jaringan ke Belanda. Moskow telah menghentikan pasokan gas alam ke Bulgaria, Polandia dan Finlandia dengan alasan penolakan mereka untuk membayar dalam rubel Rusia, permintaan yang dibuat sebagai tanggapan terhadap sanksi Barat yang telah mengisolasi Rusia.

Namun demikian, perusahaan Jerman, Italia dan Prancis mengatakan mereka akan terlibat dengan skema untuk mempertahankan pasokan. Pemotongan pasokan telah mendorong harga gas yang sudah tinggi, inflasi turbocharging dan mendorong pemerintah dan perusahaan Eropa untuk mengejar sumber alternatif dan infrastruktur untuk menanganinya, termasuk unit penyimpanan dan regasifikasi terapung (FSRU).

Eropa telah bergegas untuk mengisi lokasi penyimpanan gasnya menjelang musim dingin, waspada terhadap pemotongan pasokan Rusia, yang biasanya menyediakan sekitar 40 persen gas Eropa.

Penyimpanan gas Belanda sekarang sekitar 37 persen penuh, data dari Gas Infrastructure Europe menunjukkan. Pemerintah Belanda pekan lalu mengatakan akan meningkatkan subsidi menjadi 406 juta euro untuk mendorong perusahaan mengisi fasilitas Bergermeer, salah satu fasilitas penyimpanan gas akses terbuka terbesar di Eropa.

Penyimpanan gas Denmark saat ini 55 persen penuh dan akan dapat memasok semua pelanggan gas Denmark dan Swedia selama lima bulan jika pasokan dari Jerman terputus, sepucuk surat dari menteri energi Denmark Dan Jorgensen kepada parlemen menunjukkan.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement